Video RAKER DMI Kota Bogor 8 Agustus 2009

RAKER



Preview & Donwload “dmibogorbarat.Multiply.com”raker1

raker2

Hari Ini (8-8-2009) Raker Dewan Masjid Indonesia

PAJAJARANMasjid sebagai pusat kegiatan keagamaan bisa menjadi solusi umat untuk bangkit dari keterpurukan. Sebut saja pada zaman Rasulullah SAW, ketika hijrah dari Mekah menuju Madinah untuk menegakkan agama Islam, dilakukan dengan membangun masjid. Nabi mempunyai tujuan untuk memberdayakan masyarakat serta meningkatkan martabat kemanusiaan yang bebas dari kemiskinan rohani dan materi.

Bukti sejarah itulah yang tidak dapat dipungkiri, menjadi kebangkitan umat Islam menuju peradaban Madinah yang cepat maju. Nah, semangat kebersamaan itu berawal dari masjid sehingga menjadikan umat Islam di zaman Nabi Muhammad SAW maju.

Saat ini, fungsi masjid sebagai pusat pembinaan dan pemberdayaan umat Islam telah melemah

karena beberapa faktor, antara lain

  • keterbatasan pemahaman muslim terhadap masjid,
  • komunikasi jaringan masjid,
  • program masjid kurang menyentuh pemberdayaan umat,
  • belum adanya konsep pengembangan percontohan masjid
  • dan lemahnya sumber daya manusia di masjid.

Itu pulalah, yang menjadi tujuan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor menyelenggarakan rapat kerja (raker) hari ini, di Ruang Rapat 1 Balaikota. Ketua DMI Bogor Ade Syarmili mengatakan, agenda dalam raker yaitu membahas kekurangan yang dimiliki masjid. “Saat ini, tantangan yang dihadapi pengurus adalah bagaimana memfungsikan kembali masjid,” ujarnya.

Berkaitan dengan kekurangan yang harus dibenahi masjid tersebut, DMI melakukan terobosan dengan mengembangkan model masjid pemberdayaan umat melalui arah yang jelas. “Bagaimana mewujudkan masjid yang berimbas kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Dengan penyelenggaraan raker DMI pertama ini, kata Ade, diharapkan akan mewujudkan masjid sebagai pemberdayaan umat dan dukungan terhadap keberhasilan pencapaian visi Kota Bogor dalam meningkatkan kesejahteraan umat serta masyarakat. (**/rur)

(Redaksi)

Tinggalkan komentar